Presiden Optimistis Timnas U-23 Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Laga Timnas Indonesia U-23 dengan Timnas Uzbekistan, Senin (29/04/2024), di Doha, Qatar. (Foto: PSSI.org)

JAKARTA | PELITAKEPRI.COM – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan optimismenya terhadap tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia U-23 untuk masuk ke Olimpiade Paris 2024. Hal tersebut disampaikan Kepala Negara menanggapi kekalahan timnas Indonesia U-23 atas Uzbekistan pada babak semifinal Piala Asia U-23.

“Kalau feeling saya masuk Olimpiade kita insyaallah,” ujar Presiden dalam keterangannya kepada awak media usai menyerahkan sertifikat tanah elektronik kepada masyarakat di GOR Tawang Alun, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (30/04/2024).

Presiden juga menyebut bahwa dalam sebuah pertandingan pasti ada kemenangan dan kekalahan. Meskipun belum memperoleh kemenangan, Presiden Jokowi mengapresiasi semangat dan perjuangan timnas U-23.

Baca Juga :  Usai Lawatan Ke Australia dan Selandia Baru, Presiden Tiba Di Tanah Air

“Ya sebuah pertandingan itu pasti ada menang ada kalah dan tadi malam saya melihat dengan semangat kerasnya, dengan perjuangan kerasnya timnas U-23 memang belum memperoleh kemenangan,” ungkap Presiden.

Untuk diketahui, meskipun kalah dari Uzbekistan, tim Garuda Muda masih berpeluang lolos ke Olimpiade Paris 2024 lewat dua jalur.

Jalur pertama adalah dengan meraih juara ketiga Piala Asia U-23 2024. Timnas Indonesia U-23 harus mengalahkan timnas Irak U-23 pada Kamis (02/05/2025) mendatang.

Jika kalah melawan Irak, tim asuhan Shin Tae-yong harus menjalani laga play-off interkontinental melawan wakil dari Afrika, timnas Guinea U-23 dan memenangi laga tersebut agar asa tampil di Olimpiade Paris 2024 bisa terwujud.

Baca Juga :  Bertolak Ke Australia, Presiden Hadiri KTT Istimewa ASEAN-Australia

“Kalau kita harapkan bisa masuk. Kalau ndak, masih ada pertemuan lagi nanti dengan Guinea dari Afrika,” tutup Presiden.