Keracunan Jengkol

Keracunan Jengkol

Foto: facebook 

Jengkol adalah makanan bebijian yang sudah tidak asing lagi bagi para penggemarnya. Tapi bila masih ada orang awam, yang tak mengenal jengkol. Ya…, tunggu sajalah bila musimnya. Jengkol yang masih keluarga terdekat dengan petei ini, karena menurut saya sama-sama mengeluarkan aroma bau sengik.

Oleh karena itulah bila senang makan jengkol lebih berhati-hati saat mengeluarkan gas, sebab teman-teman terdekat akan bergegas menjauh dari anda dan sekelilingmu akan mendadak mencari perlindungan.

Tapi dibalik aroma jengkol yang sengik, sungguh luar biasa sekali banyaknya orang-orang suka makan jengkol. katanya, jengkol bisa menggugah selera makan bagi pengggemarnya.

Cara penyajian jengkol sangat beragam. Ada masak dengan semur, ada yang digoreng dengan diiris kecil-kecil terlebih dahulu. Pokoknya banyak cara penyajiannya. Itu tergantung selera masing-masing.

Kalau dikampuung saya cara penyajian jengkol sangat mudah. Jengkol sangat jarang untuk dimasak. lebih sering dimakan mentah alias makap lalap. Tapi jangan lupa supaya lebih higienis dan terjamin kebersihannya. Jengkol dikupas terlebih dahulu baru dicuci dengan air bersih!

Tapi jangan salah ya. Nikmatnya jengkol. Ternyata, seseorang dapat keracunan jengkol bila orang Batak mengatakan jengkolon. Dan bisa berakibat fatal loh. Bila tak cepat diatasi.

Seperti pengalaman teman saya baru-baru ini sebut saja Buyung. Dia harus dilarikan ke Instansi Gawat Darurat (IGD) dengan penangan insentif. Karena sudah lemas akibat keracunan jengkol.

Awal terjadinya dia ketahuan keracunan jengkol. Katanya, pagi itu dia memakan jengkol yang dihidangkan oleh orangtuanya. Usai makan tiba-tiba perutnya mulas.

Awalnya sebentar-sebentar mulas dan lagi semakin sering dan menjadi lumayan sakit. Karena tak kuat Buyung harus dilarikan ke rumah sakit.

“Itulah, karena saya sudah lemas tak kuat lagi. Harus ditangani pihak medis. Tapi syukurlah sudah sembuh dan sudah bisa pulang ke rumah” terangnya  tersipu malu.

Tambahnya, mungkin jengkolnya sudah berlebihan saya makan.(pk/tsr)

Kejadian serupa terjadi sewaktu dikampung  tetangga oppung saya. Harus ditandu ke rumah mantri untuk penanganan insentif karena sudah pucat dan lemas.

Untuk itu bila makan jengkol? Jangan melebihi porsi ya teman-teman.

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

error: Content is protected !!