Nurdin : TMMD Membantu Percepatan Pembangunan Infrastruktur

Gubernur Kepri, Danrem 033 Wira Pratama dan Bupati Karimun tiba ditempat acara pembukaan TMMD ke 101 Kodim 0317/Tbk di Tanjung Batu Kota, Kecamatan Kundur, Rabu (4/4/2018).

Pelita Kepri, Karimun – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun mengatakan, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) membantu percepatan pembangunan infrastruktur.

Hal ini disampaikan Nurdin dalam sambutannya saat memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 Kodim 0317/Tbk, di stadion mini Tanjung Batu Kota, Kecamatan Kundur, Rabu (4/4/2018).

Dikatakan Nurdin lagi, selama pelaksanaan TMMD, telah banyak membawa dampak positif bagi masyarakat, khususnya di wilayah Desa/Kelurahan. Dampak yang dirasakan ialah pada peningkatan akselerasi pembangunan daerah.

Baca Juga :  Anggota Dewan ini Apresiasi Penggunaan E-Pass Pelabuhan SBP

TMMD lanjutnya, secara konsisten fokus pada pembangunan, bukan hanya pembangunan fisik semata, melainkan juga non fisik. Sesuai data yang ia terima, pada tahun ini sasaran fisik difokuskan pada semenisasi jalan di Kelurahan Tanjung Batu Barat tembus ke Desa Lubuk, Kecamatan Kundur. Kemusian ada pula dua unit Dwiker di Kelurahan Tanjung Batu Barat, Kecamatan Kundur.

Pembangunan fisik sambungnya, memang diarahkan pada infrastuktur untuk membangun fasilitas umum dan fasilitas sosial, dalam rangka mendukung aktivitas sosial ekonomi masyarakat. Sementara secara non fisik, TNI berupaya menumbuh kembangkan semangat patriotisme, nasionalisme serta bela negara.

“Nilai-nilai ini terus menerus dan wajib dipertahankan dalam kerangka NKRI. Terlebih lagi, Kepulauan Riau adalah salah satu wilayah yang memiliki banyak pulau-pulau terdepan dan berbatasan langsung dengan negara tetangga yakni Singapura dan Malaysia,” harap Nurdin.

Baca Juga :  Satpol PP Tanjungpinang Lakukan Penertiban terhadap Anak Punk dan Pengemis

Melalui TMMD ke 101 Kodim 0317/Tbk tahun ini, Gubernur Kepri berharap dilaksanakan secara sinergis oleh semua komponen bangsa bersama-sama bergotong royong membangun desa.

“Semoga TMMD dapat membantu kesulitan rakyat, membantu percepatan akselerasi program pembangunan di daerah, membantu menciptakan masyarakat yang memiliki ketahanan dan mewujudkan kemanunggalan rakyat,” pintanya mengakhiri.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan pemeriksaan pasukan oleh Gubernur Kepri, penandatangan naskah serah terima pengerjaan kegiatan TMMD ke 101 oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Dandim 0317/TBK, Letkol Arm Rizal Analdie. Kemudian penyerahan perangkat kerja secara simbolis oleh Gubernur Kepri kepada perwakilan TNI dan masyarakat.

Baca Juga :  Refleksi 2 Tahun Memimpin Bintan, Ini Kata Bupati Bintan Apri Sujadi

Hadir juga dalam upacara pembukaan TMMD ke 101 ini Danrem 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Gabriel Lema, anggota DPRD Karimun, FKPD Karimun, Sekda Karimun, HM Firmansyah, Kepala OPD Pemprov Kepri dan Karimun serta Camat se-Kabupaten Karimun. (red)