Kapal MV. Satria Pratama Kandas Di Perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil

Batam, Pelita Kepri – Kapal MV. Satria Pratama dilaporkan kandas di Perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil, Batam, pada Selasa pagi (18/9/2018).

Kasi. Ops Kantor Pencarian Dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Eko Supriyanto mengatakan bahwa timnya langsung langsung bergerak menuju lokasi kapal yang kandas tersebut.

“Kapal MV. Satria Pratama mengalami kandas di koordinat 1 8.871 N – 103 48.047 E di Perairan Pulau Hellen Mars Takong Kecil Batam. Kantor pencarian dan pertolongan kelas A Tanjungpinang menerima laporan dari Bapak Kasim (VTS Batam), bahwa telah terjadi kapal kandas di lokasi yang kita disebutkan tadi. Pukul 07.30 WIB rescue pos SAR Batam bergerak mengunakan Rib 03 Batam menuju ke lokasi,” katanya lewat selulernya kepada media ini.

Baca Juga :  Usai Pilwako, KPU Tanjungpinang Musnahkan Surat Suara

Pada pukul 08.00 WIB Rib 03 Batam tiba dilokasi dan selanjutnya berkoordinasi dengn nahkoda kapal. Kapal dalam kondisi aman dan selanjutnya menunggu air pasang
tinggi. Direncanakan pukul 14.00 WIB kapal akan bergerak..

“Pada pukul 08.00 WIB KN SAR Purworejo bergerak untuk melaksanakan pemanasan olahgerak dan dilanjutkan dengan pemantauan kapal,” terangnya.

Posisi kejadian di koordinat 1 8.871′ N -103 48.047′ E
di Perairan Pulau Hellen Mars Takong.

Diketahui data kapal tersebut adalah KM. Satria Pratama, Call Sign YFLU berbendera Indonesia. Sementara jenis kapal adalah kapal Ferry dengan rute pelayaran Buton- Telaga Punggur Batam. Jumlah penumpang 50 orang, terdiri dari 19 orang ABK dan 31 orang penumpang.

Baca Juga :  Lepas Kontingen Raimuna Nasional XII tahun 2023, Jefridin Pesan Promosikan Batam Dikancah Nasional

Adapun unsur SAR yang melakukan upaya SAR adalah 1. KN Sar Purworejo, 2. Rib 03 Batam, 3. Kapal KPLP Batam. (pk/gm)