Pulau Dompak Indonesia Spektakuler

foto/istimewa

PELITAKEPRI.COM, Tanjungpinang – Dompak Island adalah salah satu pulau kecil di wilayah Negara kesatuan republic Indonesia yang diperuntukkan sebagai kawasan pusat pemerintah provinsi di daerah Kepulauan Riau.

Pulau kecil ini memiliki daratan relatif datar dan berbukit seluas kurang-lebih sekitar 995 Hektar yang dikelilingi titik-titik hutan bakau atau mangrove.

Kawasan pulau dompak ini juga di sebut-sebut sebagai kawasan pusat pemerintahan istana kota piring yang merupakan kawasan terpadu perkantoran Gubernur Kepulauan Riau dan Kantor DPRD Kepulauan Riau.

Berikut Tempat-tempat lainnya yang terdapat di Pulau Dompak seperti:

Kampus Utama dan Terpadu UMRAH

Baca Juga :  Tim Itjenad Melaksanakan Wasrik Di Korem 033/Wira Pratama

Kampus Dompak merupakan Kampus Utama dan terpadu UMRAH. Kampus Dompak ini memiliki luas lahan 80 hektar dan lokasinya tepat di Pesisir Kawasan Pusat Pemerintaan Kepulauan Riau.

di pulau Dompak dan langsung berbatasan dengan laut lepas. Hal ini membuat kampus Dompak memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Indahnya pemandangan laut lepas yang menarik dari Kampus ini juga akan memberikan pemandangan yang menyenangkan.

Pelabuhan Internasional Dompak Islands

Selain pelabuhan internasional khusus penumpang, Saat ini juga tengah berlangsung pembangunan pelabuhan internasional bongkar muat peti kemas. Sama seperti pelabuhan internasional, pelabuhan Pulau Dompak akan melangkapi pelabuhan Roro yang sudah terlebih dahulu difungsikan.

Baca Juga :  Satpolairud Polres Karimun bersama Tim SAR Berhasil Evakuasi 5 Korban Kru Kapal Tenggelam di Perbatasan Perairan Malaysia

Jembatan Satu Pulau Dompak

Jembatan 1 Dompak (1465 meter) yang menghubungkan Kota Tanjungpinang (Pulau Bintan) dengan Pulau Dompak merupakan jembatan terpanjang yang ada saat ini di kepulauan riau.

Jembatan Dompak satu ini sangat mengangumkan dihiasi taman di sisi kiri, kanan dan media jalan ini ditanami rumput, pohon-pohon yang indah dan bola-bola kecil dari campuran semen yang pada sisinya tergambar pulau-pulau kecil di Kepri.

Masjid Raya Kepri

Masjid Raya Nur Ilahi yang lebih terkenal dengan nama Masjid Dompak ini terletak diatas bukit memiliki Menara setinggi kurang lebih 60 meter, sehingga menyuguhkan pemandangan yang indah, Kita bisa melihat laut dan kota Tanjungpinang (Pulau Bintan). Mesjid ini memiliki fasilitas yang lengkap, dari aula, asrama, puluhan kamar mandi, dan taman yang luas.

Baca Juga :  IPK Tanjungpinang Mengikuti Upacara HUT Ke - 74 Kemerdekaan RI

Jarak tempuh Pulau Batam menuju Pulau Dompak kurang lebih sama jauhnya menuju Kota Tanjungpinang di Pulau Bintan. [Sumber: halamankepri]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.