Pelindo Cabang Tanjungpinang sediakan program mudik Gratis

Pelita Kepri, Tanjungpinang – PT Pelindo (Persero) I Cabang  Tanjungpinang kembali membuka program ‘Mudik Gratis’ bagi masyarakat tidak mampu menggunakan kapal laut yang bekerjasama dengan PT Pelni.

GM Pelindo Tanjungpinang, I Wayan Wirawan mengatakan kuota tiket gratis yang disediakan untuk sejumlah 815 orang. Terbagi menjadi beberapa trayek dari dua pelabuhan keberangkatan yaitu Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang dan Pelabuhan Sei Kolak Kijang.

Kuota Tanjungpinang 415 orang dengan dua trayek, yang pertama dari Pelabuhan SBP menuju Tanjungbalai Karimun, Bengkalis dan Dumai yang berangkat 9 Juni mendatang. Trayek yang kedua, Tanjungpinang, Kuala Maras, Tarempa, Midai, Pulau Tiga, Selat Lempa, Sedanau, Pulau Laut, Ranai, Subi, Serasan, Sintete dan Tambelan.

Terkait jadwal keberangkatan dari trayek kedua ini masih menunggu waktu dari PT Pelni. Rute keberangkatan dari Pelabuhan Sei Kolak Kijan juga ke Pulau Tujuh, jadwal keberangkatan masih menunggu Pelni yang disediakan bagi 400 penumpang.

Baca Juga :  Gubernur Resmikan Pasar Konvensional Cendrawasih di KM IX

Kata Dia, program ini sebagai bentuk kepedulian dan berharap peserta yang mengikuti dapat merasakan manfaatnya dengan berkumpul bersama keluarga yang dikunjungi. “Warga cukup membawa kartu identitas kependudukan sebagai syarat untuk mendaftar dan berangkat nantinya,” tuturnya.

Setiap peserta Mudik Gratis akan di-cover asuransi sehingga perjalanan akan terasa makin nyaman dan tenang. Selain itu, peserta akan mendapatkan baju kaos, topi dan snac keberangkatan.

Diungkapkannya, mengantisipasi padatnya arus mudik dan arus balik menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini, PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang terus melakukan persiapan dan pembenahan. Mulai dari penataan pelabuhan demi meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi seluruh penumpang.

PT Pelindo menggesa pembangunan perbaikan fasilitas gedung terminal penumpang maupun fasilitas untuk penyandaran kapal. Target penyelesaikan pengerjaan pelabuhan berskala internasional itu tahun 2019. Pelabuhan SBP dilengkapi dengan fasilitas ruang tunggu yang sangat nyaman ber-AC, serta fasilitas lainnya. Kemudian, Pelindo juga akan menyiapkan lahan parkir yang luas. Ditambah lagi semua transaksi nantinya akan menggunakan e-money atau transaksi non tunai yang tentunya sangat modern.

Baca Juga :  Pergantian Jabatan Kepala Rutan Kelas I Tanjungpinang

Sementara itu Gubernur Kepri, H. Nurdin Basirun meminta jalan masuk ke pelabuhan tersebut segera diperbaiki agar penumpang merasa nyaman. Hal ini disampikan Nurdin di sela-sela kedatangan Direktur Utama PT Pelindo I Cabang Medan, Bambang Eka Cahyana beserta rombongan, Kamis (17/5/2018).

Saat itu Nurdin didampingi Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Raja Ariza, Kadispora Pemprov Kepri, Maifrizon dan pejabat lainnya. Hadir juga GM Pelindo Tanjungpinang, I Wayan dan pejabat jajarannya.

Sebelum meninjau bangunan terminal SBP, manajemen PT Pelindo berkunjung ke Gedung Daerah, Tepi laut membahas wacana pembangunan di pelabuhan bersama gubernur. Terkait rencana yang dilontarkan manajemen Pelindo, Nurdin mengaku mendukung penuh. Pelabuhan SBP nantinya berskala internasional dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan bangunan pendukung lainnya. Untuk merealisasikannya butuh proses dan waktu.

Baca Juga :  Polsek Senayang Amankan Pelantikan Anggota PPS

”Kita minta yang terpenting penataan jalan di depan ini dulu, setelah itu parkir dan lainnya menyusul,” tutur H. Nurdin Basirun. (pk/dir)

Sumber: humas PT Pelindo Cab Tanjungpinang