Pj Walikota Himbau Pengawasan FKPD Bersama Masyarakat Tingkatkan Keamanan

Pelita Kepri, Tanjungpinang – Penjabat Walikota Tanjungpinang H. Raja Ariza menghimbau seluruh unsur pemerintahan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Tanjungpinang meningkatkan koordinasi dan pengawasan untuk menjaga keamanan dan kekondusifan daerah.

Hal tersebut diungkapkan oleh H. Raja Ariza dalam kegiatan coffee morning yang diikuti oleh seluruh unsur FKPD Kota Tanjungpinang, di kedai kopi Morning Bakery, Senin 14 Mei 2018. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tanjungpinang diinstruksikan lebih intensif mengawasi rumah-rumah kost, melakukan koordinasi bersama Tim K3 beserta perangkat RT dan RW setempat.

Baca Juga :  Wakapolda Hadiri Dialog Kerukunan Umat Beragama Oleh FKUB Provinsi Kepri

Menurut Raja Ariza, kekondusifan dan keamanan Kota Tanjungpinang saat ini harus disikapi dengan tetap waspada, dikarenakan kondisi geografis daerah yang memungkinkan arus keluar masuk orang dan barang bisa terjadi lebih leluasa.

“Pengawasan arus keluar masuk orang harus lebih diintensifkan, termasuk kepada penghuni rumah kost. Hal ini harus melibatkan semua pihak, termasuk perangkat RT dan RW. Kenyamanan dan kekondusifan daerah harus tetap dijaga dengan cara meningkatkan kewaspadaan” ungkap Raja Ariza.

Sementara Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan pihaknya siap memberikan dukungan penuh dengan menyediakan personil yang dibutuhkan untuk melakukan pengawasan tersebut. Hal yang sama juga disampaikan oleh Danlanud Tanjungpinang Kolonel (Pnb) M. Dadan Gunawan. Untuk menjaga kekondusifan daerah, unsur FKPD Kota Tanjungpinang perlu menjalin komunikasi dan pendekatan kepada seluruh tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh politik, tokoh budaya, dan seluruh perangkat pemerintahan di tingkat RT dan RW.

Baca Juga :  Tradisi Menari Mak Yong, Terselip Sejarah Melayu

Kasatpol PP Kota Tanjungpinang H. Efendi menyatakan, tim satpol secara rutin telah melakukan pengawasan terhadap rumah-rumah kost, dengan melibatkan Tim K3. Namun demikian, pihaknya tetap melibatkan masyarakat untuk melakukan pengawasan lebih melekat di wilayahnya masing-masing.

“Karena masyarakat dan RT/RW tentu lebih mengetahui lebih detail tentang siapa saja yang berada di lingkungannya,” tambah Efendi. (pk/dir)

sumber: diskominfo tgpinang