Jelang Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Petrus M. Sitohang: Betapa Penting Peran Pemuda Untuk Bangsa

Tanjungpinang, Pelita Kepri – Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 pada 28 Oktober 2018 besok, Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Fraksi PDI Perjuangan, Petrus Marulak Sitohang mengatakan dan mengingatkan betapa pentingnya peran pemuda dalam setiap sendi pembangunan kehidupan peradaban bangsa Indonesia.

Hal tersebut dikatakannya mengingat tonggak sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa yang dipelopori oleh para pemuda sehingga bangsa Indonesia lepas dari belenggu penjajahan.

“Bangsa dan negara kita bisa merdeka, bebas dari penjajahan dan melaksanakan pembangunan bangsa seperti sekarang ini karena besarnya peran dan perjuangan para pemuda kita. Semangat juang para pemuda kita mampu menjadi kekuatan yang maha dasyat dalam merebut kemerdekaan kita,” kata alumnus Universitas Brawijaya Malang ini, Sabtu  (27/10/2018).

Baca Juga :  Pj Wako Hasan Dukung Penuh Kelurahan Tanjungpinang Kota dalam Nominasi Desa/Kelurahan Cantik (Cinta Statistik)

Wakil rakyat yang semasa mudanya pernah memimpin Himpunan Mahasiswa Katolik Indonesia cabang Malang ini juga meyakini bahwa pemuda bangsa saat ini akan mampu membawa bangsa Indonesia ke depannya lebih makmur dan sejahtera.

“Saya yakin dan percaya, generasi muda dan pemuda kita adalah pewaris masa depan bangsa. Saat ini generasi muda kita menghadapi masa yang sudah berbeda dengan di masa kita. Kita sering menyebutnya era millenial. Tantangan generasi muda saat ini baik di bidang pekerjaan, kehidupan serta lingkungan sosial dan kepribadian sudah jauh berbeda. Namun kita yakin, dengan semangat Pancasila mereka akan mampu membawa bangsa ini menjadi lebih baik, maju, makmur dan sejahtera,” ujarnya.

Baca Juga :  BMKG Ungkap Penyebab Gempa Banten yang Guncangannya sampai ke Jakarta

Oleh karena itu, di setiap langkah kehidupan kita, akan tetap menyertai generasi muda. Kenapa, saudara? Karena pemuda hari ini adalah pemimpin kita di masa yang akan datang.

Tambahnya lagi, bahwa Pemerintah perlu terus menerus mengadakan pendampingan terhadap generasi muda.

“Kita semua komponen bangsa, baik pemerintah, DPRD, lembaga-lembaga sosial perlu memberikan pendampingan terus menerus kepada generasi muda agar pada saatnya tiba mereka mampu menggantikan kita dan memimpin bangsa ini lebih baik lagi,” kata pria pendiri organisasi Pemuda Katolik Kepri ini. (pk/gm)