Danlanal Tarempa Siap Kawal Nelayan di Laut Anambas

Danlanal Tarempa Siap Kawal Nelayan di Laut Anambas

Anambas (KEPRI)-Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan. M.TR.Hanla.,M.M. menyatakan siap mengawal nelayan yang berada di laut. “Jika ada suatu persoalan dan jika menemui kesulitan kami dari Lanal membuka hotline, sekaligus saya sampaikan disini, silahkan hubungi kami di nomor 0813-7417-2631,” kata Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan. M.TR.Hanla.,M.M. dalam sambutannya di acara Hari Nelayan Nasional yang diselenggarakan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Sehingga ada apa-apa yang membutuh reaksi cepat, ada apa-apa yang membutuhkan kehadiran kita, insyallah kami beserta Polres akan hadir, Negara hadir untuk bapak-bapak untuk kesejahteraan bersama,” sambung Komandan Lanal Tarempa yang baru bertugas tersebut.

Menurutnya, Keberadaan Lanal Tarempa dengan sinergitas bisa mampu memecahkan kebuntuan keterbatasan baik sarana dan prasarana yang dihadapi nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Salah satu trobosan tadi yang disampaikan bahwa pemasaran sudah bisa ke Kalimantan akan coba kita kembangkan, agar masyarakat pendapatannya bisa bertambah dalam situasi yang saat ini,”

“Ke depan insyaallah pemerintah sudah akan memberikan sedikit kelonggaran sehingga ekonomi diharapkan bisa lebih maju,” terusnya.

Dengan perputaran roda ekonomi ini, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan berharap nelayan bisa mengambil porsi yang besar karena kalau tidak diambil, nelayan tidak akan berkembang maju.

Sambung Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan mengatakan sesuai arahan pimpinan selaku fungsi pertahanan, berharap ada kerja sama pertahanan dan ekonomi.

“Jadi kehadiran bapak-bapak nelayan berserta ibu yang akan mendukung bapak-bapaknya kelaut itu sangat kami harapkan, karena bentuk kehadiran bapak-bapak nelayan di laut secara pertahanan merupakan efektif,”

“Yang mana kita di laut melaksanakan kehadiran disitu, itu menjadi klaim kepada negara kita bahwa itu milik kita, tidak lagi milik Vietnam, tidak lagi milik Malaysia,” tegasnya.

Lanjutnya, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan mengungkapkan bahwa kehadiran nelayan membatu pertahanan sebagai ujung tombak.

“Besar harapan kami, bapak-bapak kita dorong supaya bisa, jangan 12 Mil tetapi 200 Mil, Piagam Djuanda sudah memberikan kesempatan yang sangat luar biasa kita memiliki 200 Mil sampai kelaut sana,”

Kembali Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan mengatakan, kalau kita tidak bisa hadir di sana maka akan muncul kapal penangkapan asing (KIA) di perairan Indonesia.

“Kalau kita bisa hadir ke sana, bapak-bapak ketemu sama dia, sebisa mungkin tolong kita yang dikabari, kita yang akan ke sana jangan kuatir. Banyak alustista yang bisa kita gunakan bahkan Polri sudah memiliki peralatan cukup besar kami monitor disitu bisa sampai ditengah, itu Polisi dari sisi keamanan, karena kita sinergitas kemajemukan saat ini ditengah keterbatasan, sama juga Lanudal, kita punya mata di udara jadi apa yang bisa kita amankan itu akan kita kerjakan,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan mengatakan dengan sinergitas, nelayan bisa menangkap dengan rasa aman dan nyaman.

“Sehingga enak nelayan berangkat kelaut dan pulang kerumah bisa membuat istri dan anak tersenyum,” harapnya.

“Kami ucapkan selamat Hari Nelayan Nasional, dengan kekompakan ini, kami berharap menjadi salah satu bagian dari keluarga HNSI sendiri,” tutup Letkol Laut (P) Erfan Indra Darmawan.

Pada Hari Nelayan Nasional yang diselenggarakan oleh HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas tersebut, turut dihadiri Kapolres Kepulauan Anambas, Kepala Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas Jasril Jamal, Komandan Lanudal Matak, Cabang Dinas Perikanan DKP Kepri di Kabupaten Kepulauan Anambas, Koordinator Satwas SDKP Kepulauan Anambas, Koordinator Wilker TWP Kepulauan Anambas, Ketua APDESI Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepala Desa Tarempa Barat dan Kepala Desa Sri Tanjung Kecamatan Siantan.

Laporan: Kadeni
Editor: 7ringgo

banner 468x60

No Responses

Comments are closed.

error: Content is protected !!